Friday, February 20, 2009

Rencana Berantakan...!?

Acara Dadakan..??
Fiuhhh..
Bete deh!

Jujur, saya sebenernya kurang suka sama yang namanya Acara Dadakan.. karena sangat mengganggu rencana yang sudah saya buat pada hari sebelumnya.. apalagi kalo acara itu bukan acara yang penting2 banget... uuuuhhhh... rasanya inginnya marah saja... kesal.. tapi ga tau sama siapa... (kayak lagunya Tangga aja.. ;D) Kadang nge-dumel.... "Iiiihh.. koq ga dari kemaren2 sih bilangnya.." Pengennya nolak, tapi ga bisa.. karena biasanya acara dadakan itu sifatnya "wajib".. mau ga mau harus mau... dan secara ga langsung semua acara yang udah disusun rapi, jadi berantakan deh.. menyebalkan.. :(

Saya bukan orang yang rapi2 banget dalam merencanakan sesuatu, bukan orang yang sangat telaten buat nulis rencana harian di buku agenda.. Dulu memang pernah menulis rencana harian tiap malam, untuk beberapa hari ke depan.. tapi kurang efektif, lantaran sering banget ada acara2 "selundupan" yang ikut nimbrung dan mengacaukan segalanya.. Akhirnya saya malas nulis lagi di agenda harian.. Walaupun udah ga nulis lagi, saya masih tetap suka bikin rencana harian yang disimpan di memori saya.. Paling ga untuk 3 hari ke depan..

Terkadang, kalo acara "selundupan" itu ga se-penting kegiatan yang sudah saya rencanakan sebelumnya, ya saya tolak... ogah dateng.. toh.. ada yang lebih penting yang bisa dilakukan ketimbang acara dadakan itu.. Tapi, juga, seringkali saya ga bisa menolak.. karena sering merasa "pekewoh" (ga enak-an sama orang lain -red).. dan yah.. tau sendiri.. fifty2-lah ikhlasnya.. hehehe.. Jadi sering bingung juga kalo kayak gini..

Memang sih acara yang mendadak itu sangaaaaatt menyebalkan.. Tapi, Kalo dipikir2, ternyata sebagian besar yang kita lakukan itu sifatnya mendadak.. misal .. Kita lagi konsentrasi ngerjain ujian, ehh.. tiba2 pengen buang air kecil (maaf..).. rencananya mo jalan kemanaaa gitu.. ujan tiba2 turun.. fiuhh.. Mau tepat waktu, ternyata jalanan macet total gara2 ada yang demo.. Mo ngelakuin sesuatu rencana, tiba2 ada berita emergency..

Wah.. wah.. hidup itu emang penuh misteri.. Ga bisa ditebak apa yang akan terjadi nanti..

Nah, kalo gitu, apa mendingan kita ngalir aja po? Kaya air.. Jalanin aja apa yang ada di depan mata? Ga usah bikin rencana..?

Ya.. biar dikate hidup itu misteri, bukan berarti kita hidup secara spontan juga.. kita perlu bikin rencana, supaya tujuan kita jelas.. bukan jalan aja tanpa arah.. ga enak juga kali ya, jalan tapi ga tau tujuannya mo kemana, bingung..

Manusia boleh berencana... namun, tetap Allah-lah yang menentukan.. Apa yang udah terjadi.. ya sudah terjadilah.. sekalipun kita marah2, ngomel2.. tetap ga akan mengubah situasi.. malah hanya akan memperkeruh suasana.. yang perlu kita lakukan adalah : MENIKMATI apa yang sedang terjadi saat ini.. (asli! ini susah banget! tapi harus dilatih dari sekarang..) .. Percayalah, semua sudah ada yang ngatur.. Dia lebih tahu, dan kita sama sekali ga tahu apa yang terbaik buat kita.. kita khan ga tau.. siapa tahu Allah punya rencana indah buat kita, suatu hari nanti..
who knows? :)

6 comments:

  1. pokoknya sabar aja ya??salam

    ReplyDelete
  2. Ok.. thanks, mas.. salam kenal juga! :D

    ReplyDelete
  3. rencana itu tetap perlu non, dengan rencana aja kita masih sering ngeluyur kemana-mana apalagi tanpa rencana, wah bisa tambah gak jelas.

    ReplyDelete
  4. Setuju! :D
    Salam kenal juga, mba.. (eh, ini mba ato mas yah? maap kalo salah.. :f

    ReplyDelete