Wednesday, February 25, 2009

Senyum duuooooonnkkk...!


Setiap hari saya pasti belanja.
Belanja apa aja... ya.. perlengkapan dan kebutuhan pribadi sehari2.. makanan dan minuman, atau sekedar beli barang2 sekunder yang menurut saya perlu dibeli.. hehehe.. (at least.. makan..) tempatnya juga macem2.. kadang di supermarket, kadang di mall, kadang di warung biasa aja.. yaah... tergantung sikon dompet laahh.. :)

Tapi, bukan itu yang mo saya tulis di blog ini.. bukan tentang barang2 yang saya beli atau tentang di mana saya belanja barang2 kebutuhan sehari2.. atau masalah harganya.. Yang mo saya angkat di sini adalah tentang pelayanan di berbagai pusat berbelanjaan..

Mungkin banyak dari kita yang kadang merasa sebal dengan SPG atau kasir di berbagai tempat belanja.. bukannya apa2 sih.. tapi, kadang2 ga ramahnya itu lho..

Contohnya, beberapa hari lalu, saya diminta untuk survei snack yang enak buat suatu acara.. Trus, ada temen yang merekomendasikan toko bakery "X" .. katanya sih.. kue2nya enak2.. banyak macemnya.. dan murah.. Ok! Ga ada salahnya dicoba.. Akhirnya.. saya pun pergi ke toko bakery itu..

Saya datang, parkir motor dan masuk sendiri ke toko itu..
Setahu saya, biasanya.. di toko2 yang lumayan besar, pasti lah ada sapaan "selamat datang, pak/bu/mbak/mas" atau "Silakan" atau kalimat sapaan yang lain lah buat pengunjung.. Nah, saat itu.. saya masuk tanpa sapaan apapun.. Pikir saya.. "Ah.. Ga papa.. Mungkin lupa kali yaaaa.."

Ok! Saya masuk dan memilih2 kue.. Karena banyak pilihan, saya jadi bingung mo milih yang mana.. Waktu itu berharap ada SPG yang mau membantu saya untuk memilih kue.. karena saya memang bingung memadu-padankan sekian banyak kue dalam satu kotak.. Kalo kita yang jaga toko, trus ngeliat pembeli udah lama mondar-mandir kebingungan, mesti lah tergerak hati kita untuk (at least) bertanya, "Ada yang bisa dibantu, mbak/mas/pak/bu?" atau "Mau cari apa, pak/bu?" Laa.. ini mah enggak.. Saya dicuekin.. dibiarin aja kebingungan.. padahal mbak SPG-nya itu persis di depan saya.. Malah saya diliatin dengan raut wajah aga sinis.. (mungkin karena kelamaan milihnya kali yaa.. Tapi, wajar dunk, namanya juga pembeli.. Dalam hati saya, "Kurang asem juga nih.. bukannya dibantu tapi diliatin gitu.. tapi.. ya udah lah.. gpp.."

Setelah aga lama memilih, akhirnya, saya temukan beberapa kue pilihan saya.. Saya ke kasir.. membayar kue2 yang saya beli.. Sambil di kasir, isenk2 saya nanya2 gimana caranya kalo mo pesan kue di situ buat acara, minimal berapa box, dan lain2.. Emang sih kasirnya menjawab pertanyaan2 saya, tapi, saya bisa lihat kalo dia ga fokus sama saya selaku pembeli.. dia jawab, tapi pandangannya ke arah lain.. informasi yang dia berikan pun sebatas yang saya tanya aja.. jawabannya juga hanya satu atau dua kata.. Ihhh.. nyebelin banget.. Karena udah ngerasa ga nyaman, yo wis.. saya pergi aja deh.. Sebelum pergi, saya nunggu ucapan "Terima kasih" dari kasir atau SPG di toko itu.. minimal senyum lah.. Tapi, koq.. ga ada ya.. Fiuuhhh.. ya udah.. akhirnya saya yang bilang, "Makasih ya, mba..".. Udah dibilang makasih pun, tetep ga dibales, "Sama2" atau "Kembali", atau "Ya..".. apalagi senyum..
Eddyaaaan....! (Hus.. ga boleh!)

Fiuhh.. Baru kali ini saya masuk ke toko yang lumayan gede, tapi dari awal sampe akhir, saya dicuekin abiz.. kaya masuk ke toko yang ga ada penjualnya gitu deh.. bener2..

Ya.. mungkin ini sederhana banget kelihatannya.. namun, ternyata yang sederhana ini, jadi faktor yang sangat penting dan sangat berpengaruh bagi pembeli.. Walaupun di situ barang2nya bagus, murah.. tapi kalo pelayanannya ga memuaskan.. penjaga tokonya jutex.. siapa yang mo dateng ke sana?

Hari gini, udah ga jaman lagi mengedepankan materi yang dijual, bukan jamannya lagi jual barang harga murah.. Sekarang pelayanan bagi pembeli lah yang utama.. walaupun harga mahal, semahal apapun itu, kalo pembelinya puas, pasti kebeli juga.. ya ga? Misalnya aja, hotel.. biar per malamnya bisa beratus2 ribu, tapi kalo servis-nya bagus, pelayannya care sama pengunjung.. orang pasti ga akan segan2 ngeluarin doku biar mpe berjuta2.. Lain lagi kalo misalnya kita pergi ke dokter.. biar kate tuh dokter lulusan luar negeri, pinternya kaya einstein.. cakepnya kaya brad pitt.. tapi kalo ketus, jutex, sombong, ga bersahabat sama pasien, cuek.. dijamin kaga laku tuh dokter.. malah bakal jadi bulan2an orang..

Saya sendiri udah buktikan... Di apotek tempat saya kerja (bukannya nyombong nih..).. Alhamdulillah orangnya ramah2.. Ada seorang ibu kasir di apotek, yang baeeeeekkk.. banget ma pasien yang dateng.. Kalo pasien/pembeli dateng.. pasti selalu disapanya.. kadang ditanyain "Apa kabar, Pak/Bu?".. Kadang juga si pasien diajak becanda.. sampe si pasien juga ikut ketawa.. padahal si ibu kasir ga kenal siapa pasien itu.. Dan seringkali pasien terbuka sama si ibu kasir itu.. Diceritainnya keluhan kenapa dia sakit, udah berapa lama.. bahkan mpe tentang keluarganya, atau usahanya segala juga diceritain ke ibu kasir.. Ibu kasir itu emang care banget sama pasien.. cara ngomongnya emang aga keras (maklum orang batak..) tapi selera humornya tinggi.. ga ketus, dan suka senyum.. Jadi orang suka sama ibu itu.. Tiap ada pasien yang pernah ngobrol2 sama si ibu, pasti dihapalin.. ntar kalo si pasien dateng lagi, si ibu menyapa-nya sambil nyebut nama.. Siapa sih yang ga seneng kalo pas disapa, sambil disebut namanya..?

Yang menarik.. ada beberapa pasien yang ga jadi beli di apotek gara2 ga ada si ibu kasir.. Dia bilang, "Belinya besok aja kalo ibu2 yang orang batak itu yang jaga..".. Hehehe.. lucu juga.. masa pasien mpe milih2 kasirnya.. Pasien2 yang tadinya hanya sesekali mampir, sekarang malah banyak yang jadi pelanggan.. Yang luar biasa juga.. Bukan hanya satu dua kali pembeli dateng bawa rambutan 1 kilo, pisang 2 sisir, kue, dan makanan2 kecil buat orang2 di apotek.. tapi, dah berkali2! Mungkin sebagai ucapan terima kasih kali ya.. Tuh.. keren khan? Ckckckc.. sampe segitunya ya.. :)

Saya lama2 juga jadi belajar gimana caranya menghadapi pasien/pembeli.. Yang terpenting adalah mengumpamakan diri kita sebagai pembeli.. bagaimana kita sendiri ingin diperlakukan sebagai pembeli? Ingin dilayani secara tulus.. diberi senyuman yang tulus, perasaan ingin dihargai, ingin disapa, ingin diperhatikan.. Dengan begitu, pembeli akan merasa nyaman.. otomatis, tercipta semacam sugesti bahwa kalo ga beli /ga dateng ke tempat kita, rasanya kurang "sreg"..

Finally.. lahirlah pelanggan2 baru.. dengan menciptakan hubungan mutualisme.. pembeli senang.. rejeki datang.. :) Tul?


Source of pict : www.featurepics.com





10 comments:

  1. betul.. :s

    Senyum tanda mesra
    Senyum tanda sayang
    Senyumlah sedekah yang paling mudah
    Senyum di waktu susah tanda ketabahan
    Senyuman itu tanda keimanan

    raihan - senyuman :D

    ReplyDelete
  2. cie..cie..si abang nyanyi niy.. duuuwwww...:$

    ReplyDelete
  3. mbak neesha....salam kenyal ya...
    blognya asyik kok...:-)

    ReplyDelete
  4. Salam kenal juga, gwgw..
    blog kamu juga seru.. menegangkan banget! :)

    ReplyDelete
  5. mbak neesha....thx berat mo mampir ke rumah gw, jgn bosen-2 ya....silahturahminya...

    ReplyDelete
  6. emang bener koq
    senyum tuh perlu banget..
    Senyum tanda mesra
    Senyum tanda sayang
    Senyumlah sedekah yang paling mudah
    Senyum di waktu susah tanda ketabahan
    Senyuman itu tanda keimanan

    ReplyDelete
  7. Ok, gwgw.. kapan2 aku main lagi ya ke rumahmu.. :D

    ReplyDelete
  8. Setuju, mrpall! :D
    wah..wah..wah.. mrpall kompak niy ma abang.. ikutan nyanyi juga.. :$
    Lam kenal, mrpall! :D

    ReplyDelete
  9. salam kena,.,.,.

    ReplyDelete