Thursday, February 12, 2009

Come On, Be Brave!

Pengalaman 1 :

Coba deh ingat2 jaman kecil dulu.. Pernah ga sih kamu diketawain teman2 gara2 nanya sesuatu sama guru di kelas ato gara2 ngungkapin pendapat di sebuah forum? Kalo saya sih pernah.. pas masih SD.. tapi tepatnya kapan dan nanya apa, saya lupa... Yang saya inget, waktu itu, saya nanya sesuatu yang mungkin sepele.. trus diketawain.. dan sejak saat itu, saya menjadi trauma mo nanya2 lagi.. karena takut diketawain.. hehehe..

Pengalaman 2:

Seminggu yang lalu saya mengikuti outbond yang diadakan oleh perusahaan tempat saya bekerja.. Outbond tersebut cuma dilaksanakan selama 2 hari 1 malam.. Selama outbond berlangsung, ga ada wajah2 sedih atau cemberut.. Semuanya tertawa senang, bahagia, sepertinya semua beban pekerjaan hilang.. Tapi tahukah kamu, apa yang terjadi satu - dua hari sebelum hari-H? Hampir seluruh karyawan merengut.. hampir semuanya mengeluh dan hampir semuanya pengen izin ga ikut outbond! Kira2 gini nih keluhannya..

"Duh, outbond.. pasti capek..",
"Ntar gimana dengan apotek?Siapa yang jaga apotek?",
"Pasti pas outbond nanti ada wall-climbing ato flying fox.. duh.. ga mau deh.. aku takut.. izin ga ikut aja deh",
"Kalo outbond ntar nginep-nya dimana? Jangan2 airnya kotor.. jangan2 banyak nyamuknya.. jangan2 bis outbond sakit lagi.., jangan2..."

Weleh2.. mpe segitunya ya.. Pokoknya, saat itu seperti sedang terjadi demo.. Ada yang jadi provokator.. yang lain ikut ngompor-ngomporin biar acara outbond itu dibatalkan aja..

Terus terang, saya pun sempat mengeluh pada waktu itu.. Keluhan saya lebih pada timing yang kurang tepat (menurut saya), karena cuaca saat itu memang sedang tidak bersahabat.. Tapi, toh, ternyata semua ketakutan itu ga menjadi kenyataan.. Sekalipun gerimis, wajah2 senang itu masih tampak.. Semangat bapak2 dan ibu2 juga masih menyala2... Yang lucu-nya, setelah outbond selesai, malah banyak karyawan yang pengen outbond lagi, bahkan ada yang mengusulkan agar outbond-nya lebih lama.. Huehehe.. Ternyata kenyataannya ga selalu lebih buruk daripada yang dibayangkan..

Ya, kedua kejadian di atas memang contoh yang sangat sederhana.. Tapi, dari situlah saya belajar.. Ternyata ketakutan, kekalutan, dan kekhawatiran yang selama ini kita rasakan, sebagian besar disebabkan oleh pikiran kita sendiri.. Secara ga sadar, kita memunculkan pikiran2 negatif dan imajinasi yang berlebihan yang sebenarnya biasa2 aja.. Kita seringkali sok tahu dengan apa yang akan terjadi nanti.. manifestasinya, muncullah kata2, "Jangan2.. Jangan2... " yang sebetulnya hanya hiperbola kita saja..

Lingkungan juga sangat mempengaruhi pola pikir kita.. Seperti contoh saya yang pertama.. Saya jadi trauma karena lingkungan memperlakukan saya seperti itu.. Andai lingkungan ga mentertawai saya, mungkin saya ga jadi minder seperti itu.. Percaya ato ga percaya.. Nyatanya lebih banyak orang yang mau menjatuhan kita ketimbang yang mau mengangkat kita.. Ada benarnya juga.. tapi.. Ahh, ga adil rasanya kalo mengkambinghitamkan sesuatu.. Lebih baik fokus pada diri kita saja..

Kalau ceritanya seperti pada kisah pertama, ada baiknya kalau kita berusaha untuk terus menciptakan kesan-kesan positif di dalam pikiran kita.. Seperti saat ini, saya sudah ga minder lagi ketika ingin bertanya ato menyampaikan ide2 "gila", karena saya terus berusaha melatih pikiran saya dengan pikiran yang membuat saya tenang, contohnya :

* Mau bertanya hal yang sangat sepele.
Perasaan yang sebenarnya : Saya malu, karena nanti dikira bego atau diketawain karena nanya hal yang ga bermutu, tapi di sisi lain saya sangat ingin tahu, maka saya cepat2 berpikir :

"Ah, mo dibilang ga mutu, kek.. bego kek.. diketawain kek.. bodo amat.. yang penting aku dapet ilmunya.."
atau..
"Biarin aja diketawain, belom tentu juga yang ngetawain tau jawabannya.."
atau..
"Pede aja,nis, kali2 aja yang laen juga pengen nanya yang sama, tapi malu.. udah, kamu aja yang nge-wakil-in.."

* Mau mengungkapkan ide "spektakuler" yang kemungkinan dianggap orang lain sebagai ide gila.
Perasaan yang sebenarnya : Saya ragu karena nanti malah diketawain ato jadi bahan ledekan teman2 ato orang lain gara2 ide yang unusual. Maka, cepat2 saya berpikir:

"Sampein aja ide-nya, kali2 diterima..kesempatan ga datang 2 kali!"
atau..
"Ga semua orang punya ide seperti yang kamu punya, siapa tau mereka suka.."
atau..
"Perkara diterima ato engga, itu urusan belakangan.. yang penting lega dulu nih.."
(karena biasanya orang yang pengen nyampein/ngomong sesuatu tuh hatinya ga tenang... jadi biar tenang.. ya.. disampein aja.. ;))
atau..
"Bodo amat diketawain.. orang2 sukses kaya thomas alfa edison dulunya juga berawal dari ide gila khan? Ga ada salahnya dicoba.."
atau..
"Dunia ini bakalan statis kalo cuma pake ide2 standar aja.. dunia butuh inovasi!"
atau..
"Orang sukses tuh orang yang kreatif.. ide gue khan ga jelek.. ini ide brilliant!"

Sedangkan kalo ceritanya kaya yang cerita kedua.. kita harus berhati2 dengan perkataan orang lain yang secara ga langsung bisa bikin kita ikut membenarkan keluhan2 mereka.. Kalau sudah begini.. siap2 pasang tameng hati, biar ga ikut2an panas.. caranya :

1. Denger aja keluhan2 mereka, tapi ga usah ditanggapi.. kalopun ditanggapi,
bilang aja.. "Oooo... gitu yah?.."
2. Berpikir terbalik
Jadi, misalnya ada yang bilang, "Ntar tuh di sana ga enak, nginep di hutan, gelap, bla..bla..bla.."
Kita bisa berpikir terbalik, "Wah, seru juga tuh nginep di hutan.. kaya ekspedisi.. petualangan seperti di felem2.."
3. Munculkan rasa ingin tahu
Kalo ada yang bilang, "Ga usah ikut aja yuk.. ntar capek lagi.."
Kita bisa berpikir, "Coba dulu aja, khan belom dicoba? Lagian kalo positif kenapa engga', jarang2 dapet kesempatan seperti ini.. Mungkin banyak yang bisa didapet dari kegiatan itu.."
4. Pikirkan manfaat yang didapat, misalnya dapet pengalaman seru dan kesempatan langka (bisa cerita/sharing ke temen2 lain, bukan cuma jadi kambing congek aja..), dapet ilmu yang bermanfaat, kenal lebih banyak teman, dll..
5. Mengatur perasaan supaya tetap netral. Maksudnya ga hiperbola, biasa aja.. ga terlalu berharap bahwa kenyataannya nanti indah sekali.. atau pesimis bahwa kenyataannya nanti buruk sekali.. karena bisa jadi kita berkhayal yang indah2.. tapi kenyataannya malah ga seindah yang kita bayangkan.. Ntar yang ada ujung2nya malah jadi nge-dumel..
6. Kalo emang ga setuju ato ada yang mo dikritisi.. sebaiknya langsung bilang sama yang bersangkutan.. daripada ngomong di belakang.. Udah pesan ga tersampaikan, yang ada malah dosa karena ngomongin orang..

Nah, gitu deh.. sedikit cara biar kita bisa mengurangi rasa ketakutan kita yang ga beralasan..
Yang penting tetep positive thinking.. Cari 1001 alasan buat positive thinking.. Insya Allah semua ketakutan akan lenyap..
Semoga bermanfaat.. ;)

7 comments:

  1. Oo.. gitu yah.. (he2.. jadi kayak diatas.. :D ), positive thinking.., kadang susah naa.., tp klo dilatih bisa yah.. :D

    ReplyDelete
  2. fiuhhh.. capek juga ngomeng.. :f bo2 ahh.. :@

    ReplyDelete
  3. Ya ampun.. si abang.. aneh.. :f
    abang.. makasi ya.. icon2ny lucu banget!! :$

    ReplyDelete