Monday, February 16, 2009

Kontroversi Obat Puyer, Tanggapi dengan Jernih.. (part 1)

Terus terang.. saya sangat miris dengan keadaan negeri ini yang sangat mudah diprovokasi oleh berita2 miring yang (menurut saya) menyesatkan dan membuat masyarakat jadi bingung..

Saya sendiri ga habis pikir, kenapa ada teman sejawat (seprofesi) yang begitu teganya menjatuhkan teman sejawat lainnya... padahal di kode etik dunia kesehatan, ada kode etik untuk tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang bisa menyebabkan berkurangnya/hilangnya kepercayaan masyarakat kepada sejawat petugas kesehatan lainnya.. (ini kode etik farmasi, kalo di kedokteran, saya sih ga tau).. Statement yang beredar di masyarakat ini khan jadi membuat dokter anak resah.. Hal ini juga berimbas pada apotek..

Coba bayangkan saja, seandainya ga ada obat puyer atau racikan..

- bagaimana dokter anak atau umum bisa memberikan obat dengan dosis yang sesuai untuk bayi dan anak2? Padahal ya, dosis obat untuk bayi dan anak2 itu disesuaikan dengan berat badan.. Dan ga semua obat itu dibuat sesuai untuk dosis anak2 dan bayi..

- bagaimana dokter anak atau umum bisa memberikan obat bila yang sakit adalah anak yang mengalami komplikasi penyakit yang obatnya bisa lebih dari 2 macam? Pengalaman saya di apotek.. orang dewasa yang dapet obat 2 macem aja, udah bilang, "Kok obatnya banyak banget sih?".. hayo..?? gimana dengan anak2 yang bakalan dapet banyak obat kalo ga diracik? Bisa2 ketakutan en malah jadi ga mau minum obat.. salah siapa?

- Apakah pasien mau kalo obatnya diganti dengan obat paten yang harganya lebih mahal?
Emang sudah ada beberapa produk obat yang memang dosisnya sudah dikhususkan bagi anak2, misalnya bentuk drop/tetes.. tapi mungkin isinya hanya 1 macam atau beberapa zat aktif saja.. dan harganya cukup mahal.. karena obat paten/bermerek tentunya perlu teknologi tinggi dalam pembuatannya.. Pengalaman saya di apotek.. orang2 menengah ke atas saja yang mau merogoh kocek agak banyak untuk membeli obat itu.. nah, sekarang, gimana nasib pasien yang kurang mampu? apa mereka dibiarkan saja menderita karena sakit dan karena ga mampu membeli obat?

- Seandainya anak anda sakit, lalu diberikan resep oleh dokter berupa racikan atau puyer.. lantas karena merasa parno (paranoid -red) sama yang namanya racikan.. anda bilang ke apotek bahwa anda ingin obatnya ga diracik.. atau kalau ada yang sudah sediaan jadi.. Coba deh.. liat aja.. ada ga apotek yang mo nerima resep yang anda bawa? Apa itu ga malah menyusahkan diri anda sendiri? Kalopun anda kembali ke dokter untuk ganti obat paten non racikan, belum tentu juga obat paten yang dimaksud dokter sudah ada di apotek2 di tempat anda tinggal.. Pengalaman mengatakan.. banyak pasien yang sudah kebingungan harus cari obat dimana, karena obat paten yang diberikan dokter tersebut sangat langka.. jarang ada di apotek..

Kita bisa saja berkomentar, menanggapi ini itu.. tapi yang terpenting.. jangan asal bunyi aja.. kalo belum punya ilmunya.. mending ga usah banyak ngomong yang bisa membuat masyarakat semakin memanas..

Yang saya amati.. masyarakat kita ini begitu semangatnya menanggapi suatu masalah.. opini2 publik banyak dipublikasikan.. sehingga ada pihak2 yang merasa terpojokkan..

Masyarakat juga seringkali membanding2kan negeri ini dengan negara lain yang sudah maju.. kita merasa iri dengki dengan negara2 maju, tapi kita malas bergerak dan berusaha untuk mengupayakan yang terbaik untuk bangsa kita.. kita lebih suka men-
judge buruk negara tempat kita tinggal ini.. hanya sebatas omong kosong.. NATO.. No Action, Talk Only..

Ayolah kawan.. kalau kita menganggap ini adalah sebuah masalah.. mari kita selesaikan bersama.. bukan ngompor2in masalah biar semakin panas.. bukankan masalah ada untuk diselesaikan? bukankah masalah ada untuk membuat kita berpikir lebih baik, lebih dewasa, lebih bijaksana..

Marilah kita tanggapi hal ini dengan lebih jernih, supaya kita bisa menemukan titik terang penyelesaiannya..

salam damai.. peace..

:)

2 comments:

  1. rada kurang ngerti si tentang konterversi ini :? , baru tau setelah baca diatas.. :D , yang penting seperti kata2 terakhir aja dech.. peace aja yah.. :)

    ReplyDelete
  2. buat orang yang ga berkecimpung di dunia kesehatan memang ga mudah mencerna ini, bang.. tapi coba deh buka2 info tentang kontroversi puyer ini.. siapa tau bisa lebih jelas.. :)

    ReplyDelete