Sunday, March 8, 2009

Wahai Ahli Hisap.. Mengertilah..


Hari ini saya balik ke kos-an dengan bus antar kota, setelah berlibur di rumah selama sehari (??)..
Ada kejadian yang sebenarnya sih udah biasa terjadi di bus kota atau di tempat2 umum.. tapi mau ta' tulis ahh.. di blog.. siapa tau ada yang tergugah setelah baca ini..

Saya adalah orang yang ga tahan dengan bau rokok atau asap rokok.. kalau saya menghirup asap rokok rasanya seperti nyesak di dada.. (cuma rasanya aja.. tapi saya alhamdulillah ga sampe kena asma kalo hirup asap rokok).. Kendati ayah dan abang saya seorang perokok.. tapi tetep aja saya ga suka baunya.. Saya pasti melarang ayah atau abang merokok di depan saya..

Siang tadi, saya naik bus antar kota.. Penumpangnya sih ga padat amat.. tapi cukup sesak lah.. agak berdesakan memang.. tapi gpp.. Sampai di tengah perjalanan, ada seorang bapak yang masuk ke dalam bus.. Dia penumpang juga.. Dia duduk di kursi sebelah saya, tapi di shaf yang berbeda.. Ga lama kemudian.. Dia ngeluarin sebatang rokok.. dan langsung dinyalakannya korek api, kemudian rokoknya dibakar.. Dihisap.. dan dihembuskannya...

Uhuk..uhuk..uhuk..
"Uuuuhhhh.. nyebelin banget nih si bapak.. ngerokok di dalam bus yang padat gini.."

Sebenernya aku pengeeennn banget negur si bapak.. tapi ga berani, karena takut si bapak jadi tersinggung.. ntar bisa berabe deh jadinya.. Alhasil, saya cuma bisa ngasih sinyal2 kalo saya ga suka asap rokok.. Caranya dengan nutupin hidung pake sapu tangan, trus ngibas2kan tangan buat menghalau asap rokok, dan ngeliatin terus ke arah si bapak (kali2 aja bisa nyadar kalo disindir gitu..)

Walopun begitu.. namanya perokok.. biar udah dikasih tanda2 SOS, juga tetep aja kagak ngarti dah tu orang.. Malahan, mas yang di depannya bapak itu, jadi ikut2an ngerokok juga deh.. dan, yak, jadinya sekarang malah jadi ada 2 orang perokok yang sedang merokok di dalam bus, sodara2..
Huek..huekk..huek..
Untung aja cuacanya pas lagi ga terik2nya dan ga pake lagu dangdut.. duh.. kalo pas cuaca panas, pake lagu dangdut, ada bau2 keringet plus bau rokok.. saya bisa langsung pingsan di tempat tuh..

Beruntunglah.. setelah sekian menit menutup hidung.. akhirnya batang rokok itu pun habis dimakan api... dan bapak itu pun turun dari bus..
Selamet.. selamet..
Saya melihat, penumpang lain di dalem bus, tadinya juga merasa keganggu dengan asap rokok si bapak dan mas2 itu.. Tapi, setelah bapak itu pergi, penumpang bisa bernafas legaaaaa...

Itu tadi hanya cuplikan kecil di kehidupan saya..
Saya cuma pengen berpesan kepada para ahli hisap..
"Para Ahli hisap.. tolonglah.. kalau mo merokok ya liat2 dulu.. Kalo di tempat2 umum, seperti di bus kota, stasiun, apalagi di tempat2 umum yang ber-AC.. mbok ya, ditahan dulu tho.. keinginan untuk merokoknya.. Udara di dunia ini khan milik kita bersama.. kami, orang2 yang tidak merokok punya hak untuk menghirup udara bebas asap rokok.. kami juga punya hak untuk menghirup udara yang bersih, bebas racun.. Seandainya kalian pengen merokok.. Monggo.. merokoknya ya untuk diri kalian sendiri aja.. Silakan, rokok dan asapnya dinikmati sendiri.. Kami ikhlas koq kalo ga dibagi.. Kami tulus.. Kami sama sekali ga pengen asap ataupun rokok dari kalian.. Tolonglah, jangan libatkan kami, wahai ahli hisap.. Kami masih ingin hidup sehat lebih lama.. Mengertilah kami, wahai Ahli Hisap.."

Source of pict : http://amani-souvenir.com

5 comments:

  1. iyah.., biasanya juga ga di tempat umum koq.. :))

    tp pengennya berhenti, ntar.. (klo udah ... :$ )

    ReplyDelete
  2. ade percaya, bang.. :)
    kalo udah.. ? kalo udah apa ya? :)

    ReplyDelete
  3. Artikel yg menarik.Saya sudah berhenti merokok selama 2 tahun...dan ternyata hidup saya lebih sehat dan bahagia, trims

    ReplyDelete
  4. Makasih, pak.. syukurlah kalo begitu.. saya juga ikut senang.. :)

    ReplyDelete